Pengertian Edmodo (www.edmodo.com)
Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan
siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi
catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan
peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan
sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.
Edmodo adalah
sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun
untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg
dan Jeff O’Hara yang
merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk
mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya
menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara
bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka
belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada. Edmodo dibuat sebagai sebuah
platform pembelajaran jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan
orang tua/wali.
Edmodo
dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang
lebih akrab. Di
dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan
polloing untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana
penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau
perilaku.
Manfaat Edmodo
untuk Pembelajaran
Edmodo mempunyai beberapa manfaat dalam pembelajaran
sebagai berikut :
1.
Edmodo merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang
sangat efiesien untuk para guru dan murid
2.
Dengan Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat
dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.
3.
Selain itu, Edmodo mempermudah komunikasi antara guru,
murid sekaligus orang tua murid.
4.
Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz.
5.
Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan,
foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga
dapat mengunduh bahan ajar tersebut
6.
Dengan adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau
kegiatan belajar anaknya dengan mudah.Mempermudah guru dalam memberikan soal
dari mana saja dan kapan saja.
Fitur-Fitur yang Terdapat pada Edmodo
Terdapat banyak sekali
fitur-fitur yang ditawarkan Edmodo untuk menunjang proses pembelajaran. Berikut
fitur-fitur yang terdapat pada Edmodo :
1. Polling
Polling
merupakan salah satu fitur yang hanya dapat di gunakan oleh guru. Fitur ini
biasanya di gunakan oleh guru untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal
tertentu. Dibawah ini merupakan contoh tampilan polling pada Edmodo :
2. Gradebook
Fitur ini mirip seperti catatan nilai siswa. Dengan
fitur ini, guru dapat memberi nilai kepada siswa secara manual maupun otomatis.
Fitur ini juga memungkinkan seorang guru untuk memanajemen penilaian hasil
belajar dari seluruh siswa. Penilaian tersebut juga dapat diexport menjadi file
.csv.
Pada fitur
Gradebook, guru memegang akses penuh pada fitur ini sedangkan siswa hanya dapat
melihat rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.
3. Quiz
Fitur Quiz
hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa tidak mempunyai akses untuk
membuat quiz. Mereka hanya bisa mengerjakan soal quiz yang diberikan oleh guru.
Quiz
digunakan oleh guru untuk memberikan evaluasi online kepada siswa berupa
pilihan ganda, isian singkat maupun soal uraian.
4. File and Links
Fitur ini
berfungsi untuk mengirimkan note dengan lampiran file dan link. Biasanya file
tersebut ber-ekstensi .doc, .ppt, .xls, .pdf dan lain-lain.
5. Library
Dengan fitur
ini, guru dapat mengunggah bahan ajar seperti materi, presentasi, gambar,
video, sumber referensi, dan lain-lain.
Fitur ini
juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung berbagai file dan link yang
dimiliki oleh guru maupun murid.
6. Assignment
Fitur ini
digunakan oleh guru untuk memberikan tugas kepada murid secara online.
Kelebihan
dari fitur ini yaitu dilengkapi dengan waktu deadline, fitur attach file yang
memungkinkan siswa untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam
bentuk file document (pdf, doc, xls, ppt), dan juga tombol “Turn in” pada
kiriman assignment yang berfungsi menandai bahwa siswa telah menyelesaikan
tugas mereka.
7. Award Badge
Untuk
memberikan suatu penghargaan kepada siswa atau grup, biasanya guru menggunakan
fitur award badges ini. Berikut tampilan fitur ‘Award Badge’ pada Edmodo :
8. Parent Code
Dengan fitur
ini, orang tua murid dapat memantau aktifitas belajar yang dilakukan anak-anak
mereka.
Untuk
mendapatkan kode tersebut, orang tua murid dapat mendapatkannya dengan mengklik
nama kelas/ grup
Google Inc. adalah sebuah
perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan
produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, omputasi web, perangkat lunak,
dan periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.
Google didirikan oleh Larry Page
dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham
perusahaan. Mereka
menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah"mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil". Pada tahun
2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.
menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah"mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil". Pada tahun
2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.
Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan
berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan
perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat
elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial.
Produkproduk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web,
mengaturdan menyunting foto, dan pesan instan.
Perusahaan ini memprakarsai
pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook
Chromebook. Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja
sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexusnya
dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012.
Tahun 2012, infrastruktur serat
optik dipasang diKansas untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google
Fiber. Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu
juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya.
juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya.
Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut
google.com sebagai situs web paling banyak
dikunjungi di dunia. Situssitus Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi.
dikunjungi di dunia. Situssitus Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi.
Pada tahun 2014, Google juga mendapat penghargaaan dari Business Indeed
sebagai perusahaan yang memiliki merk paling bernilai.Pada 10 Agustus 2015, Google melalui postingan blog, CEO Google Larry Page mengumumkan pembentukan
perusahan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan usahausaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google,Pada restrukturisasi tersebut, Larry Page akan menjadi CEOperusahaan baru Alphabet. Sergey Brinn menjabat sebagai President didampingi Erich Schmidt sebagai Executive Chairman. Sedangkan, CEO Google akan dijabat oleh Sundar Picha
sebagai perusahaan yang memiliki merk paling bernilai.Pada 10 Agustus 2015, Google melalui postingan blog, CEO Google Larry Page mengumumkan pembentukan
perusahan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan usahausaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google,Pada restrukturisasi tersebut, Larry Page akan menjadi CEOperusahaan baru Alphabet. Sergey Brinn menjabat sebagai President didampingi Erich Schmidt sebagai Executive Chairman. Sedangkan, CEO Google akan dijabat oleh Sundar Picha
Google+
Google+ atau Google Plus adalah
jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28
Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Dihari tersebut, pengguna Google+ diizinkan untuk mengundang teman di
atas 18 tahun, untuk membuat akun.Namun, ini segera
dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak.Google+ mengintegrasikan
layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan
layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+
juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi
hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York
Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk
menyaingi jaringan sosial Facebook, yang
telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011.
Fitur
Fitur
Banyak
fitur dari Google+ yang mirip dengan situs jejaring sosial seperti Facebook dan
LinkedIn. Cara Google+ menampilkan pemberitahuan, pemberitahuan belum dibaca,
dan link ke posting juga mirip dengan "Pemberitahuan" di Facebook. "Circles"
memungkinkan pengguna untuk mengatur kontak menjadi kelompok untuk berbagi, across
various Google products and services. Meskipun pengguna lain dapat melihat
daftar orangorang dalam
koleksi lingkaran pengguna, mereka tidak dapat melihat namanama lingkaran mereka. Pengaturanprivas i juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pengguna di kalangan mereka serta yang telah mereka dalam lingkaran mereka. Organisasi dilakukan dengan menyeret antarmuka. Sistem ini menggantikan fungsi daftar teman biasa digunakan oleh situssitus seperti Facebook."Messenger"(sebelumnya dikenal sebagai Huddle) adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles.
koleksi lingkaran pengguna, mereka tidak dapat melihat namanama lingkaran mereka. Pengaturanprivas i juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pengguna di kalangan mereka serta yang telah mereka dalam lingkaran mereka. Organisasi dilakukan dengan menyeret antarmuka. Sistem ini menggantikan fungsi daftar teman biasa digunakan oleh situssitus seperti Facebook."Messenger"(sebelumnya dikenal sebagai Huddle) adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles.
Hangouts
adalah tempat yang digunakan untuk memfasilitasi kelompok obrolan video (dengan
maksimal 10 orang berpartisipasi dalam Hangout tunggal pada setiap titik
waktu). Namun, siapa pun di web ini berkesempatan untuk bergabung dengan
'Hangout' jika mereka kebetulan memiliki URL yang unik dari Hangout tersebut.
Instant Upload khusus untuk ponsel Android untuk menyimpan
foto atau video dalam album pribadi untuk berbagi nanti.
Sparks"
adalah sebuah frontend untuk Google Search, memungkinkan pengguna untuk
mengidentifikasi topik mereka mungkin akan tertarik dalam berbagi dengan orang lain; "menampilkan kepentingan" percikan juga tersedia, berdasarkan topik lain secara global menemukan sesuatu yang menarik.
mengidentifikasi topik mereka mungkin akan tertarik dalam berbagi dengan orang lain; "menampilkan kepentingan" percikan juga tersedia, berdasarkan topik lain secara global menemukan sesuatu yang menarik.
Streams,"
pengguna melihat perkembangan terbaru dari orangorang di kalangan mereka,
perkembangan terbaru mirip dengan news feed di Facebook. Kotak input memungkinkan pengguna untuk memasukkan status terbaru atau menggunakan ikon untuk mengunggah dan berbagi foto dan video.
perkembangan terbaru mirip dengan news feed di Facebook. Kotak input memungkinkan pengguna untuk memasukkan status terbaru atau menggunakan ikon untuk mengunggah dan berbagi foto dan video.
Games", 16
permainan telah dirilis pada bulan Agustus.
Penerimaan
Dampak desain
Pengenalan
Google+ telah memberikan dampak pada desain layanan pencarian web Google, karena
mendesain ulang grafis (keliru dikaitkan dengan Andy Hertzfeld). Ada
perbaikan bersama spekulasi dampak yang lebih luas setelah Google+ sepenuhnya
bergulingout (?), termasuk beberapa desain ulang yaitu Google Maps, Google Mail dan
Kalender Google. Reaksi publik atas Google+ sudah positif. Secara khusus, ada
perubahan terhadap Album Web Picasa: Setelah menandai seseorang, mereka
menerima pemberitahuan dan dapat melihat foto dan album terkait.
Untuk
album baru, ada album bersama dengan dapat melihat siapa yang membagikan hal
tersebut. Album seseorang bersama dapat ditandai dan kembali bersama oleh orang
lain.
Foto hingga 2048 × 2048 piksel dan video sampai 15 menit tidak akan dihitung terhadap kuota 1 GB penyimpanan untuk pengguna Google+ (ukuran 800 × 800 piksel untuk nonpengguna Google+), menciptakan penyimpan "hampir tak terbatas" untuk pengguna ponsel
Foto hingga 2048 × 2048 piksel dan video sampai 15 menit tidak akan dihitung terhadap kuota 1 GB penyimpanan untuk pengguna Google+ (ukuran 800 × 800 piksel untuk nonpengguna Google+), menciptakan penyimpan "hampir tak terbatas" untuk pengguna ponsel
Dalam hari peluncuran situs web, berbagai kantor berita melaporkan
bahwa Google+ diblokir oleh Tiongkok. Ini adalah bagian dari kebijakan yang lebih luas dari Sensor di Cina.
Pemerintah Iran juga telah memblokir akses ke Google+ sejak 11 Juli 2011.
SEJARAH EMAIL
Surat elektronik sudah mulai dipakai
di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah
kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh
Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray
Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga
pertahanan Amerika. Awalnya
Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan
untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai
komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan
eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG
tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan
ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama
kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah
“QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas
e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at”
atau “pada”.
Semuanya
bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman
(BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan
sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET
merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan
bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer
dan pendidikan satu sama lain.
Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson
ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan
program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun.
Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif.
Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin
yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat
dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang
sama.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang
bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah
komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan
yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol
yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke
komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya
sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan
e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Pada
tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah
user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
Salah
satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah
Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada
saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.
Eudora
diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora
adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat
pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh
Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.
Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa
tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan
Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak
hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan
secara cuma-cuma dengan web browser.
PENGERTIAN EMAIL
Surat
elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik
(disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email”
(ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur
Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per
pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya
yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.
KELEBIHAN PENGGUNAAN EMAIL
– Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke
kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik
pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim
melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia
manapun. Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan
telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah
atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen,
atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa
orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
– Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2. Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
ISTILAH DALAM EMAIL
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Etika penggunaan email
Etika dalam email sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
Etika dalam email sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
* Jangan mengirim email dengan
lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 1 mb). Tidak semua orang
mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut
melebihi kapasitas email penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima.
Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia email juga menerapkan
batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran email yang dapat diterima (dan
dikirim) penggunanya.
* Jangan mengirim lanjut (forward)
email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
* Selalu isi kolom subjek, jangan
dibiarkan kosong.
* Jangan menggunakan huruf kapital
karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
* Dan tentu saja, gunakan kata-kata
dengan santun:). Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda
dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
Jenis Email
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu :
POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai
kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Kelebihannya :
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
Kelebihannya :
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
Mengakses Email
Email pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu email gratis. Email yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.
Email pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu email gratis. Email yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.
* Menggunakan ‘browser’, seperti
Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based,
artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak email. Contoh:
Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan
online. Layanan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara
layanan email gratis.
* Menggunakan program pengakses
email (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla
Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus
mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat
membaca email tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan
puluhan bahkan ratusan email dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama
sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan
fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian
biaya koneksi ke internet dapat dihemat
Komponen Email
Sebuah alamat email terdiri atas dua bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id, yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Sebuah alamat email terdiri atas dua bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id, yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Ntap Soul
BalasHapusNtap Soul
BalasHapus